Pilih Normal atau Caesar?

Pilih Normal atau Caesar????


Dua kata singkat diatas pasti menjadi dilema bagi setiap perempuan yang akan menjadi seorang ibu baru. Baik bagi yang belum pernah melahirkan maupun yang sudah pernah melahirkan. Yah, akupun sama. Mengapa mesti dilema???sedikit spoiler nih, keduaanya sama - sama sakit. Tapi ya proses melahirkan ini memang harus dijalani dan tentu pahalanya luar biasa.

Nah, aku mau berbagi cerita nih soal pengalamanku melahirkan anak kedua yang prosesnya sangat berbeda dengan anak yang pertama. Semoga setelah membaca ceritaku nanti temen - temen jadi lebih mantap dengan pilihan proses melahirkan yang dipilih.

Singkat cerita  dulu waktu hamil anak pertama sebut namanya Reina, proses melahirkan itu terjadi dengan mudah dan cepat. Persalinan yang maju 2 minggu dari HPL, mules ga begitu dirasakan, tau - tau sudah pembukaan 5 pas dicek, selang 2 jam lahirlah Reina ke dunia dengan proses 2 kali ngeden aja. Dijahit?tetep ya, tapi mulesnya itu lhooo luar biasa nikmat. Maka nikmat manakah yang kamu dustakan??

Selang 2.5 tahun kemudian hamil anak kedua sebut namanya Rania. Kehamilan ini tidak direncanakan, jadi sedikit shock juga dan antara siap ga siap. baca: kebobolan :) . wkwk. Jangan diketawain ya. Waktu hamil Rania ini, kehamilan kedua ini berjalan normal seperti biasa, hanya saja terdapat lebih banyak keluhan dibandingkan dengan kehamilan yang pertama. Begitu pula proses melahirkan juga sangat berbeda. Jadi jika ada orang yang bilang "kalau yang pertama normal pasti yang kedua normal malah lebih gampang lahirnya, tinggal batuk juga keluar" itu salah besar ya. Keduanya berbeda dan masing - masing anak punya cara sendiri. Hayooo, sampai disini mulai tebak - tebakan ya yang kedua lahirnya normal atau caesar???

Oh ya waktu hamil Reina menginjak usia 5.5 bulan kehamilan, aku udah free, udah resign kerja, cuti kuliah, intinya prepare banget karena moment ini adalah moment yang dinanti - nanti ampe habis berpuluh - puluh test pack pas ngecek awal hamil. Lalu, waktu hamil Rania cukup habis 1 test pack aja langsung shock. Kondisi dimana saat itu masih kuliah semester 6, banyak perlombaan tingkat Universitas yang diikuti dan ga mungkin di cancel, banyak sekali tanggungan dan intinya saya dalam posisi tidak siap begitupun pak suami. Dijalani ya dijalani tapi jujur memang setengah hati.

Ketika memasuki trimester 3 kehamilan Rania, aku mulai sering - sering nonton video proses melahirkan normal, biar makin mantap soalnya jujur walaupun udah pernah ngerasain, justru malah masih keinget banget rasa ngilunya. Mulai sering afirmasi positif ke janin, ikut prenatal yoga, intinya aku buat aktif mengikuti berbagai kegiatan, kuliah juga ga cuti dengan harapan proses melahirkan berjalan seperti ketika melahirkan Reina. Memasuki minggu ke 36 kontraksi makin intens berharap ini kontraksi mau lahiran. Pagi - pagi dianter pak suami ke bidan dan dicek baru pembukaan 1. Yailah, masih lama ini mah, mana perut udah berat banget. Ampe sore hari dicek juga masih pembukaan 1 dan mulesnya tetep segitu gitu aja, ampe nanya sendiri ke perut "nak, mau lahir kapan?udah berat banget nih." Ayahnya juga galau mau ninggal kerja apa enggak. Daaann, mules pembukaan 1 itu berjalan selama seminggu karena sempet dikasih penguat oleh Dokter karena ditakutkan paru - paru bayi belum matang jika dilahirkan sekarang.

Waktu minggu 37 langsung ke dokter lagi, konsultasi, dan berat janin sudah sekitar 3.5 kg menurut pemerikasaan USG, keseluruhan sudah matang, karena udah mules terus selama seminggu ditawarkan oleh dokter buat "Terminasi". Hah, apaan sih terminasi??ya intinya dikasih tindakan agar si bayi buruan lahir karena ukuran janin udah besar, ditambah sang ibu juga sudah merasa ga nyaman. Pilihannya mau induksi atau langsung SC??

Jledeerrrrrr, lemes, galau, kesel, bingung, campur aduk jadi satu. Seketika langsung ga doyan makan. Ditawarin mau tindakan hari ini atau besok??Whattt???dikira lagi millih baju diskkonan suruh milih secepat itu??

Induksi: dikasih obat perangsang biar mules dengan harapan pembukaan bertambah lalu melahirkan bayi dengan proses normal. Itu kalau proses induksinya berhasil. Kalau gagal?? ya SC. Klo milih langsung SC ya enaknya ga pake sakit mules - mules dulu. Klo di induksi masih ada 2 kemungkinan walaupun pahit - pahitnya klo induksi gagal tetep aja di SC.

Malam itu kami menetapkan pilihan untuk melalui proses induksi dulu, pokoknya usaha mau lahir normal. Minumlah obat induksinya, mules makin intens. 6 jam kemudian dicek, baru pembukaan 2. Yailah, udah mules sangat gitu masih aja pembukaan 2. Padahal posisi kepala bayi udah pas di bawah banget, udah sering ngedorong tapi pembukaan tak kunjung nambah. Lalu ditawarkan oleh dokter mau induksi lagi atau mau SC aja??induksi maksimal 4x artinya 4*6 jam diminumkan obatnya, tapi klo gagal ya tetap SC. Dengan segala pertimbangan dan berat hati ampe nangis - nangis akhirnya memutuskan untuk SC. Kenapa sih ampe nangis - nangis pas nentuin pilihan ini??faktor utamanya kebanyakan buibu galau klo habis lahiran ditanya normal atau SC??ya kan???

Proses SC berlangsung 15 menit aja dengan lancar. Yailah 15 menit doang, tau gitu dari kemarin - kemarin ga usah ngerasain mules langsung SC aja??ga gitu juga, intinya mah usaha dulu biar ga kalah sebelum berperang. eciiee. Dan pada tanggal 24 Desember 2019 lahirlah Rania ke dunia dengan proses normal dan caesar klo ditanya orang. wkwkwk. Soalnya sempet ngerasain mules2 dulu. Beratnya gede banget 3652 gram. Pantes mau ngebuka jalan lahirnya susah.

Pelajaran yang aku dapet dari proses melahirkan 2 anak ini yaitu:
1. Kondisi kehamilan tiap anak berbeda - beda
2. Faktor pikiran, stress, aktivitas mempengaruhi proses kehamilan hingga melahirkan.
3. Kekuatan pikiran menjadi kunci, jadi jangan ragu - ragu, mantepin diri aja, siapin mental baja waktu mau melahirkan. Soalnya pas hamil kedua akunya juga ga mantep mau lahiran normal.
4. Jangan pedulikan mulut tetangga, kita yang lahiran bukan mereka.
5. Mau normal atau SC sama aja jadi ibu. Keduanya sama - sama sakit nikmat, bedanya klo normal sakit di awal, SC sakit di belakang. Tapi keduanya punya efek samping yang menurut saya sama aja mau normal atau SC ya ga ada bedanya. Ga ada yang lebih baik, yang penting ibu dan bayi sehat. Jangan ambil risiko dengan memaksakan buat lahiran normal klo memang indikasinya sudah menyarankan untuk SC.

Jadi, ga perlu galau ya buibu mau lahiran normal atau caesar. Sama aja semuanya, yang ngebedain cuma comment netizen nya ama mulut cabe tetangga yang julid. Intinya kuatkan pikiran dan mentqal agar semuanya berjalan dengan mudah, lancar, dan menyenangkan. aamiin. Karena semua berasal dari pikiran kita sendiri.

Mau tanya lebih dalam atau sekedar sharing??bisa follow IG aku di https://instagram.com/ratihputri0 atau lewat twitter di https://twitter.com/dedecemplon2 . Nanti ku follback. Thank you

1 komentar

  1. Harusnya sih dijaman sekaran SC adalah suatu yg wajar.. tetangga dan netizen harus lebih betwaspada dlam menghujat... kalo aq sih selalu suka dengerin cerita teman2 yg nglahirin SC.. krna mreka pnya alsanya masing2.. dari yg mmg kondisi medis, lalu takut buat lahiran normal, kmudian mertua yg suruh krna tkut menantu knpa2 klo normal ampe lahiran SC cuma krna bisa anakny dilahirkan di tanggal cantikk..😂😂😂😂

    BalasHapus